HATHA YOGA

HATHA YOGA adalah Pelatihan Yoga sebagai dasar menuju realisasi diri.

15192754_223252751434537_6847173735811428830_n

Hatha yoga ialah Pelatihan Yoga Tingkat 1 dalam Yoga sastra, terhubung dengan Moodara Cakra dan Pembangkitan pertama Kundalini. Hatha yoga merupakan pelatihan menyatukan, membangkitkan dan menyelaraskan energy Surya dan Energy Chandra, dalam diri kita sehingga kesehatan Tubuh selalu terjaga baik. Hatha Yoga menekankan pada postur (asana), pernafasan (pranayama), visualisasi, dan relaksasi secara integratif. Karakteristik khas dari hatha yoga ialah dilakukannya Tarian Gerakan tubuh yang disatukan secara harmonis dengan Nafas dan di control dalam Jiwa . Gerakan dalam latihan yoga ini benar-benar bertumpu pada tubuh sendiri dan tak menggunakan alat apapun.

Karena Tujuannya membangkitkan kekuatan diri secara natural dan seimbang dengan alam semesta.

Tempat yang dibutuhkan buat melakukannya yoga juga tak harus luas. Berbeda dengan latihan menari atau olahraga lain nan membutuhkna loka yang luas. Kamar tidur pun sudah cukup. Semua gerakan dilakukan hanya seputar tubuh sendiri. Lama melakukannya pun sekitar 30-45 menit. Kalau dilakukan dengan benar, dan energy Matahari dan energy Bulan benar-benar menyatu dengan Jiwa meditative, keringat akan membasahi tubuh dan tubuh terasa lebih lentur. Bagian perut pun terasa mengencang nan mengindikasikan kalau latihan telah memberikan manfaat yang bagus.

Secara Sastra gerakan  dalam yoga ini tidak bagus di gabungkan dengan gerakan latihan lain seperti Kegel dan Pilates. Karena semua gerakan dan kesadaran cakra sudah dirangkai sesara rinci sesuai system dalam tubuh kita. Mintalah tuntunan pada Guru Yoga Yang memahami Psiology dan Psicology Hatha Yoga . Kekuatan fisik dan pengetahuan tentang latihan itu sangat dialkukan dengan aturan dan tuntunan Guru agar tak terjadi cedera

KELEBIHAN  HATHA YOGA.

Dari Sisi Gerakan Asana.
Kelebihan hatha yoga ialah melibatkan penggunaan otot secara perlahan tetapi pasti, sehingga tubuh memasuki fase zone latihan. Ketika bergerak dan memasuki zone latihan, maka energi yang dibakar dominan berasal dari lemak. Perlu diperhatikan ketika zone latihan belum tercapai, tubuh akan menggunakan energi yang berasal dari cadangan energi di sekitar otot. Rangkaian gerakan Hatha yoga membantu tubuh buat memasuki zone pembakaran lemak secara kontinu.

Dari Sisi Pranayama
Hatha yoga juga menekankan pada pernafasan atau pranayama yang benar. Pernafasan yang dilakukan secara mahir pada saat tarian gerakan dilakukan juga kunci buat membakar energi secara efektif. Cara pernafasan dalam Hatha  yoga juga efektif buat melepaskan toksin dari kulit dan paru-paru.

Dari Sisi Visualisasi
Visualisasi Cahaya Matahari dan Chandra yang  dilakukan dalam hatha yoga juga membantu pikiran memfokuskan aktivitas dengan tujuan membakar membersihkan dan memurnikan semua system Tubuh. Saat visualisasi dilakukan, yogi atau pelaku yoga melakukan hipnotis terhadap diri sendiri (self hypnotis) sinkron dengan tujuan yang akan dicapai. Hal ini akan menambah motivasi bagi pelaku buat mencapai sasaran yang diinginkan.

Dari Sisi Relaksasi
Relaksasi Yang dilakukan dalam yoga memberi kesempatan kepada otot yang telah digunakan buat beristirahat dan siap digunakan pada kesempatan berikutnya. Otot mempunyai kapasitas buat bekerja. Otot yang menentukan besarnya energi yang dibakar dalam tubuh harus dilatih secara perlahan dan tidak dapat dalam waktu singkat. Relaksasi ialah kunci agar otot bisa digunakan lagi dalam kesempatan berikutnya.

Bagaimana Melakukan Hatha Yoga ?
* Asana yang melibatkan otot primer pada bagian tubuh tertentu. Misalnya seorang yogi ingin mengurangi tumpukan lemak pada daerah perut, sangat krusial mengetahui asana yang melibatkan otot perut dominan. Sesuaikan asana dengan tujuan yang ingin di capai melalui latihan* Pelajari dengan sahih kapan harus menarik dan membuang nafas. Membuang nafas dilakukan pada saat otot akan dikontraksikan.

* Rancang rangkaian gerakan atau Tarian gerak yang melibatkan masing-masing postur tadi. Yoga Surya dan Yoga Chandra  ialah contoh dari Gerakan asana yang terdiri dari beberapa postur. Usahakan setiap minggu membuat rancangan gerakan asana yang berbeda agar tubuh tak jemu.

* Berlatihlah dengan bimbingan Guru. Kunci keberhasilan dalam hatha yoga ialah tepat dan konsisten.

Dengan melakukan hatha yoga selama kurang lebih tujuh minggu secara teratur, sehari minimal 30 menit, Anda akan melihat hasil berupa kesehtan badan dan bentuk tubuh nan indah. Selamat berlatih.

Manfaat Hatha Yoga.

  1. Racun dalam tubuh dibersihkan.
  2. Organ dan sytem tubuh disehatkan.
  3. Kekebalan tubuh membaik.
  4. Sysytem imun tubuh membaik.
  5. Peredaran darah lancer.
  6. Kerja Organ sempurna.
  7. Emosi setabil.
  8. Pikiran Rilek .
  9. Hidup penuh percaya diri,
  10. Cakra mooladara di mekarkan.
  11. Pembangkitan pertama Kundalini.

 

MARKANDEYA YOGA INDONESIA

Guru Made Sumantra

Hp: 087861187825

Advertisements