YOGA AKAN MENUNTUN HIDUP MU!!!.

YOGA MENUNTUN JIWA DALAM 7 TINGKATAN JALAN MENUJU KESADARAN.

12670702_194744254243567_4184803369287951814_n

Jiwa kita berkembang dalam cara yang dapat diprediksi, dan peta perjalanan kita sudah tertulis dalam struktur DNA kita sendiri. Peta jalur evolusi kesadaran kita bisa dipahami lewat sistem chakra tubuh. Jika Anda memahami arti penting dan pesan yang tersembunyi dalam setiap chakra, Anda akan memahami langkah-langkah evolusi menuju diri sejati dari setiap jiwa.

Pada awal penciptaan sebelum waktu, kita masing-masing lahir dari ‘Cahaya Tuhan. Disebut Atman. Kita memulai perjalanan kehidupan disini melalui beberapa tingkatan kesadaran, mulai tingkat 1 sampai 7. Setiap tingkat membawa satu pelajaran untuk dipelajari. Setiap tingkat kesadaran membawa kita ke sebuah “dimensi spiritual” yang khusus dirancang untuk mengajarkan kepada jiwa, pelajaran apa yang perlu dipetik pada setiap tingkat perkembangan.

Level 1 (Keberadaan)
Vibrasi energi pertama adalah tingkat awal sebuah penciptaan. Semua jiwa di mulai di sini. Di sinilah dimana Anda memulai perjalanan Anda, baru terlepas dari segala yang ada. Di sini, Anda berada pada tahap yang masih “tertidur”, atau belum sadar akan keadaan Anda. Perjalanan pertama sesuai dengan chakra pertama dalam tubuh, dan menampakkan “spektrum cahaya merah”. Di sini ada unsur elemen penting : tanah, udara, air, dan api. Tonggak perkembangan tahap pertumbuhan ini hanya mengalami keberadaan.

Level 2 (Penguasaan Fisik)
Vibrasi energi kedua adalah tingkat dimana Anda akan memiliki firasat pertama dari kesadaran. Bergeser dari vibrasi pertama menuju vibrasi kedua berarti mengalami pergeseran kualitatif dalam pengalaman Anda tentang apa rasanya hidup. Vibrasi energi kedua sesuai dengan chakra kedua dalam tubuh dan menampakkan “spektrum cahaya oranye”. Di sini Anda memiliki naluri sebagai tanaman atau hewan. Dalam vibrasi energi kedua, tugas perkembangan jiwa Anda adalah mengembangkan penguasaan kesadaran bentuk fisik, naluri, dan emosi Anda.

Level 3 (Pemberdayaan Diri)
Vibrasi energi ketiga adalah tingkat dimana Anda menjadi manusia. Di sinilah Anda pindah ke tubuh yang memiliki akal dengan kemampuan untuk berpikir kompleks. Ini adalah tingkat kesadaran dimana jiwa belajar tentang siapa dirinya sebagai individu. Pergeseran dari Dimensi 2 ke Dimensi 3 berarti mengalami perubahan kualitatif dalam pemahaman Anda tentang sifat pribadi Anda. Karena itu merepresentasikan “ke-AKU-an” pada tingkat ini, kita menyebutnya EGO. Ini adalah bidang pikiran yang lebih rendah, lebih umum disebut intelektualitas. Vibrasi energi ketiga sesuai dengan chakra ketiga dalam tubuh dan menampakkan “spektrum cahaya kuning”. Tugas perkembangan utama pada tingkat ini adalah pengetahuan diri dan pemberdayaan diri.

Level 4 (Welas Asih)
Pergeseran dari vibrasi energi ketiga menuju keempat berarti bergerak melampaui ego Anda dan membuat perubahan kualitatif dalam pemahaman Anda tentang cinta. Rasa perikemanusiaan (nurani) berada pada vibrasi keempat ini. Dalam rangka untuk membuat transisi, Anda harus menyucikan diri yang rendah (pikiran sempit) dan mulai menggantinya dengan sifat welas asih. Dibutuhkan usaha keras untuk menghapus semua puing-puing ego beracun.

Vibrasi energi keempat sesuai dengan chakra keempat dalam tubuh dan menampakkan “spektrum cahaya hijau”. Di sini, tubuh Anda menjadi jauh lebih sensitif dan lemah. Makanan, suara, cahaya, wewangian, emosi orang lain, dan energi negatif dapat membanjiri Anda, dan Anda harus belajar bagaimana untuk merawat diri Anda dengan cara baru. Tugas perkembangan utama di sini adalah untuk menguasai kasih sayang secara seimbang/adil bagi diri sendiri dan orang lain.

Level 5 (Kebijaksanaan)
Pergeseran dari vibrasi energi keempat menuju kelima berarti membuat perubahan kualitatif dalam pemahaman Anda tentang jiwa dan diri non-fisik Anda. Dimensi 5 adalah bidang bagi pikiran yang lebih tinggi dimana cinta dan kebijaksanaan menyatu menjadi pikiran sadar secara lengkap. Selama ini, kesadaran Anda tertutup dengan frekuensi energi yang lebih rendah untuk mengakses kebijaksanaan murni. Anda akhirnya mampu menggabungkan semua yang telah Anda pelajari dari 4 vibrasi energi sebelumnya dan bergabung ke dalam kesatuan pemahaman yang lebih lengkap tentang fisik, emosional, mental, dan spiritual. Vibrasi energi kelima sesuai dengan chakra kelima dalam tubuh dan menampakkan “spektrum cahaya biru”. Di sini, tubuh Anda akan berubah menjadi lebih terbebas dari masalah. Anda akhirnya akan mengenal cahaya tubuh Anda. Seperti Bumi mengalami pergeseran ke Dimensi Kelima, akan berubah menjadi sebuah dunia cahaya, bukan lagi fisik. Anda akan dapat menciptakan apa yang Anda butuhkan dan inginkan melalui kekuatan alami dari keberadaan Anda bukan melalui penggunaan teknologi. Tugas perkembangan utama dalam tingkat kesadaran ini adalah menguasai dunia rohani/spiritual.

Level 6 (Kesatuan)
Pergeseran dari vibrasi energi kelima menuju keenam berarti sudah membuat perubahan kualitatif dalam pemahaman Anda tentang apa arti menjadi satu kesatuan. Pada tingkat ini semua pengetahuan dikombinasikan antara individu sehingga muncul kesadaran kolektif. Ini adalah pertama kalinya bahwa Anda mengenal, Cinta adalah Universal – untuk diri, untuk orang lain, dan semua hal di mana-mana : “baik” dan “buruk” semuanya berada dalam SATU.

Semua makhluk dipahami dalam Satu Kesatuan. Kepercayaan antara makhluk adalah mutlak. Tidak ada polarisasi di tingkat kesadaran ini (melampaui dualitas). Vibrasi energi keenam ini sesuai dengan chakra keenam dalam tubuh dan menampakkan “spektrum cahaya nila/indigo”. Tugas perkembangan utama di sini adalah untuk menguasai ranah pengetahuan kosmik.

Tingkat 7 (Pintu Keabadian)
Pergeseran dari vibrasi energi keenam menuju vibrasi ketujuh berarti membuat perubahan kualitatif dalam pemahaman Anda tentang segala penciptaan alam semesta, dan Diri Anda berada dalamnya (menyaksikan). Pengetahuan datang dengan sendirinya menyaksikan awal penciptaan, cara alam semesta bekerja, dan memahami hakikat segala sesuatu tentang kehidupan – semuanya diketahui di sini. Ini adalah tingkat kesadaran tak terbatas yang tidak terpisahkan satu sama lain, inilah yang dikatakan merasakan kehadiran Tuhan/ dalam diri. Ia adalah kesadaran tak terbatas yang meliputi semuanya, dan kita adalah bagian dari kesadaran tak terbatas tersebut. Sampai di sini keadaannya sangat halus, diam, tenang, damai, semuanya menyatu. Vibrasi energi ketujuh sesuai dengan chakra ketujuh dalam tubuh dan menampakkan “spektrum cahaya violet”. Tugas perkembangan utama tingkatan ini adalah mengingat siapa diri sejati Anda dan untuk menyatukan kembali dengan segala kehidupan di semesta alam ini.

Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan  ekstra dalam melaksanakan Yoga membuat jalan energi melalui semua titik chakra. Jangan terburu-buru melewati setiap tahap dalam proses kehidupan. Manusia zaman sekarang mengejar keyakinan yang ditanamkan kepada material, tetapi belum mau membangun kesadaran kepada Tuhan. Di setiap tingkatan perjalanan menuju kesadaran segala godaan dari material selalu menawarkan diri sebagai jalan pintas untuk menunaikan keinginan manusia. Itulah, saya menyarankan tetap pada keyakinan Anda kepada Tuhan. Terkadang, suatu waktu Anda mungkin memiliki fluktuasi vibrasi energi yang tinggi (kenaikan kundalini). Inilah yang disebut “pengalaman spiritual”. Setiap chakra adalah “bidang energi spiritual” Anda. Bidang spiritual ini merupakan patokan Anda saat memahami pergerakan evolusi spiritual jiwa Anda.

Markandeya Yoga Indonesia

Guru Made Sumantra

Jln Lungsiakan Kedewatan Ubud, Bali-Indonesia

Email:balineseyoga@yahoo.com

Advertisements