TAD EWARTHAMATRA NIRBHASAM SWARUPA SUNYAM IWA SAMADHIH

SAMADHI.

Pak Sumantra_Foto_A4.jpg
Artinya :
Kontemplasi yang sama bila terdapat hanya kesadaran terhadap objek meditasi itu sendiri dan bukan pikiran, adalah samadhi.

Samadhi merupakan keadaan supra sadar yang didapatkan melalui proses pemusatan pikiran yang sangat kuat dan mendalam, terbebas dari sangkalpa dan keterikatan duniawi sehingga mencapai mukti dan persatuan jiwa dengan Paramatma. Tujuan tertinggi dari keseluruhan sistem yoga adalah keterpisahan mutlak antara purusa dan prakrti, yaitu tercapainya kaiwalya atau kemerdekaan mutlak. Bebasnya purusa kedalam wujud yang sebenarnya (swarupa) tidak lagi bergantung pada apapun didunia ini.

Meditasi OM dengan Bhava menghilangkan hambatan dalam Sadhana dan membantu untuk mencapai Samadhi. Avidya (kebodohan), Asmita (egoisme), Raga-Dvesha (suka dan tidak suka), Abhinivesha (menempel kehidupan duniawi) adalah lima Kleshas atau penderitaan. Menghancurkan penderitaan. Anda akan mencapai Samadhi.

Samadhi adalah tingkatan tertinggi dari angga-yoga, yang dibagi dalam dua keadaan yaitu : 1) Samprajnatta-samadhi atau Sabija-samadhi, adalah keadaan dimana yogin masih mempunyai kesadaran, dan 2) Asamprajnata-samadhi atau Nirbija-samadhi, adalah keadaan dimana yogin sudah tidak sadar akan diri dan lingkungannya, karena bathinnya penuh diresapi oleh kebahagiaan tiada tara, diresapi oleh cinta kasih Tuhan. Baik dalam keadaan Sabija-samadhi maupun Nirbija-samadhi, seorang yogin merasa sangat berbahagia, sangat puas, tidak cemas, tidak merasa memiliki apapun, tidak mempunyai keinginan, pikiran yang tidak tercela, bebas dari “catur kalpana” (yaitu : tahu, diketahui, mengetahui, Pengetahuan), tidak lalai, tidak ada ke-“aku”-an, tenang, tentram dan damai. Samadhi adalah pintu gerbang menuju Moksa, karena unsur-unsur Moksa sudah dirasakan oleh seorang yogin. Samadhi yang dapat dipertahankan terus-menerus keberadaannya, akan sangat memudahkan pencapaian Moksa.

Rsi Markandeya mengatakan: Yada pancavatisthante, jnanani manasa saha, buddhis ca na vicestati, tam ahuh paramam gatim,  Artinya : Bilamana Panca Indria dan pikiran berhenti dari kegiatannya dan buddhi sendiri kokoh dalam kesucian, inilah keadaan manusia yang tertinggi.

“ Nirupeksam nirlaksanam noiralamban nihspraham, Niraavaranam nihsaadhyam samaaghios tan nighadyane”

Semadai artinya Bhatin yang tidak lelai ,tidak berharap, tidak ketakutan, tidak ada lagi yang diperlukan,tenang tidak terpengaruh itulah Samadhi Yoga. Ini adalah pencapaian akhir dari sedhana Yoga.

Advertisements