YOGA KELAS UNTUK MANULA

11707695_507150359437920_7720622737115380642_n

WANAPRASTHA ASRAMA YOGA

10143_408522362594367_1594017352_n

YOGA UNTUK MANULA

Penuaan merupakan hal yang cukup menakutkan bagi sebagian orang, namun sekaligus tidak dapat dihindari karena sudah menjadi fase normal dalam kehidupan. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi resiko penurunan kemampuan fisik dan kesehatan di usia senja.

Salah satunya adalah dengan melakukan kelas yoga secara teratur. Yoga merupakan latihan ‘lembut’ yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan para praktisinya sehingga sesuai bagi siapapun, termasuk kaum lansia dan wanita hamil.

Guru Made Sumantra Membuktikan selama menjadi Pengajar Yoga bahwa mengikuti kelas yoga memberikan hasil positif bagi para lansia. Selain telah terbukti dapat meningkatkan fungsi tubuh dan otak para lansia, yoga juga dapat mencegah, mengontrol penyakit serta keadaan emosional yang biasa ditemui pada para lansia seperti berbagai penyakit sendi atau tekanan darah tinggi.

Berbagai gerakan yang terdapat dalam kelas yoga bagi lansia antara lain adalah:

SUKHASANA , Gerakan ini merupakan gerakan khas meditasi yang dapat membantu meluruskan kembali tulang punggung, mengurangi metabolisme serta meningkatkan ketenangan dalam diri.

BIDALASANA, Gerakan yang dapat membantu meningkatkan koordinasi antara gerakan tubuh serta nafas ini tidaklah dianjurkan bagi para lansia yang menderita gangguan pada punggung dan tulang belakang.

ADHO MUKHA SWANASANA, Gerakan ini dapat meningkatkan fleksibilitas tulang belakang serta membantu untuk menghindarkan dari masalah pada tulang belakang. Namun seperti Bidalasana, gerakan ini tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita gangguan punggung dan tulang belakang.

Kapalabhati Pranayama, dapat menimbulkan kesegaran serta membersihkan udara yang mengalir dalam tubuh melalui sistem pernapasan dan darah sehingga dapat membuat para praktisinya terhindar dari penyakit-penyakit pernafasan.

SALABHASANA, . Gerakan ini diharapkan dapat meningkatkan kekuatan pada area perut, lengan serta kaki.

10500467_10152201149402636_3805117038530114226_n

Yoga untuk Lansia

Jika Anda ingin tetap sehat dan bugar pada usia tua Andai maka dengan mengikuti YOGA adalah salah satu caranya. Anda dapat mengikuti senam yoga untuk lansia.

Yoga mungkin salah satu cara terbaik untuk menjaga masa muda Anda, karena yoga bekerja pada tingkat yang berbeda dari keberadaan Anda. Yoga dapat membantu Anda untuk tetap kuat dan fleksibel, membantu Anda mengurangi stres dan kecemasan, membantu Anda melepaskan potensi batin Anda sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang memuaskan.

Semakin bertambahnya umur manusia, sendi menjadi kurang fleksibel dan tulang menjadi keropos, sehingga meningkatkan resiko patah tulang. Untuk menghindari hal tersebut, para lansia dapat melakukan yoga untuk lansia guna mempertahankan kekuatan dan fleksibilitas dan untuk menangkal osteoporosis. Serta dengan yoga pun dapat meningkatkan sirkulasi darah dan kapasitas paru-paru.

Setiap orang pasti takut akan tua padahal usia tua merupakan usia yang akan dilewati oleh setiap manusia. Akan tetapi, Anda bisa mencegah terjadinya kehidupan tua secara dini dengan selalu melakukan pola hidup sehat dan olah raga secara teratur demi terhindarnya terjadinya penurunan kekuatan fisik. Akan tetapi, bagi Anda sudah berada pada usia Lnasia tapi ingin tetap merasakan hidup sehat setiap hari, cobalah melakukan senam yoga untuk lansia.

Yang sering menjadi momok yang di takuti masyarakat adalah penuaan. Begitu juga keinginan mereka untuk menjalani hidup aktif dan sehat. Karena kita hidup lebih lama dan lebih lama hal ini menjadi lebih penting untuk tetap fit untuk memperlambat proses penuaan .

Sebagian besar melihat tahun kemudian hari sebagai “masa pensiun” dan berpikir bahwa orang harus santai dan mengambil jalan mudah. Ini jelas sesuatu untuk diharapkan, tetapi masyarakat perlu juga berpikir tentang menjaga aktif. Jika kita  memilih untuk duduk dan santai terlalu banyak waktu yang akhirnya menyebabkan pemendekan otot, melemah dan pengetatan. Hal ini menyebabkan kaku, kehilangan otot dan juga dapat menyebabkan osteoporosis. Semakin sedikit waktu yang kita habiskan untuk bergerak semakin kita meningkatkan risiko kita dari berbagai penyakit. Kehilangan fleksibilitas dan massa otot dan menghabiskan lebih sedikit waktu berdiri meningkatkan kurangnya hasil keseimbangan dan oleh karena itu dalam jatuh lebih dan cedera.

Anda dapat atribut banyak masalah kesehatan untuk gaya hidup, termasuk:

Kembali masalah

Sakit kronis

Mengurangi fleksibilitas dan mobilitas

Lebih tinggi tekanan darah

Bursitis / Arthritis

Miskin sirkulasi

Lebih keras saat bernapas

Peningkatan berat badan

Osteoporosis

Keras saat tidur

Penurunan visi

Peningkatan stres

Karena ini masalah kesehatan disarankan bahwa senior tetap aktif untuk menjaga hidup sehat dan panjang. Dalam Yoga beberapa tahun terakhir telah diperkenalkan untuk orang tua dengan hasil yang bagus.

YOGA,membantu mengurangi banyak risiko kesehatan di atas dan dapat menjadi latihan yang mudah dan menyenangkan untuk kita. Yoga memperlambat proses penuaan dengan meningkatkan sirkulasi fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan dan darah sementara pada saat yang sama mengurangi stres. Idealnya kita harus melakukan yoga di kelas dengan guru yang berkualifikasi sampai Anda mendapatkan lebih nyaman dengan asana dan yakin bahwa Anda bisa melakukannya sendiri tanpa menyebabkan cedera.

Tidak peduli apa usia kita dapat menikmati manfaat kesehatan yang luar biasa dari yoga. kita  dapat menemukan kelas Untuk Manula Di Pasranman Markandeya Yoga.

Masih belum yakin dengan manfaat yoga? Percayalah bahwa yoga membantu Anda…

  1. Lebih feksibel
    Manfaat ini yang paling langsung terasa. Mungkin di awal latihan Anda belum mampu menyentuh ibu jari kaki saat melakukan gerakan backbend. Namun, jika terus berlatih, tubuh secara perlahan mulai terasa lebih fleksibel dan Anda akhirnya bisa menyentuh jempol kaki. Anda juga bakal mendapati nyeri dan pegal-pegal hilang.
  2. Lebih kuat
    Otot yang kuat bikin Anda terlihat lebih menarik. Otot juga menjaga tubuh kita dari penyakit seperti artritis dan nyeri punggung serta mudah terjatuh pada lansia. Membangun kekuatan lewat yoga, Anda menyeimbangkannya dengan fleksibilitas.
  3. Memperbaiki postur
    Tahukah Anda, kepala kita seperti bola boling yang besar dan berat? Butuh keseimbangan bagi tulang punggung dan otot-otot punggung untuk menyangganya. Bukan mustahil jika Anda merasa kelelahan. Masalahnya ada pada postur yang buruk. Yoga bisa memperbaiki postur dan mencegah nyeri, kelelahan, dan juga artritis gara-gara postur yang buruk.
  4. Melindungi persendian dari rematik dan artritis
    Setiap kali beryoga, Anda melatih persendian bergerak dalam jangkauan penuh. Ini berarti Anda mencegah penyakit artritis degeneratif dengan “memeras dan merendam” daerah kartilage yang jarang digunakan. Kartilage seperti spons yang menyerap nutrisi hanya ketika cairan dikeluarkan. Tanpa latthan, jaringan itu akan lapuk dan meninggalkan tulang tanpa bantalan.
  5. Melindungi tulang punggung
    Ruas-ruas tulang belakang sebagai peredam kejut antartulang belakang juga butuh dilatih. Jika rajin berlatih backbend, forward bend, dan twist, Anda menjaga ruas-ruas tulang belakang jadi lebih fleksibel.
  6. Mencegah osteoporosis
    Sudah banyak penelitian membuktikan bahwa latihan beban memperkuat tulang dan menghalau osteoporosis. Banyak postur yoga yang mengharuskan Anda mengangkat beban tubuh sendiri. Pose downward atau upward facing dog membantu menguatkan tulang lengan yang rentan kena osteoporosis. Yoga juga baik meningkatkan kepadatan tulang belakang.
  7. Melancarkan peredaran darah
    Yoga melatih Anda rileks. Latihan rileksasi itu membantu sirkulasi darah, khususnya di tangan dan kaki. Yoga juga membantu oksigen untuk masuk ke dalam sel. Pose twist baik untuk membawa darah ke organ-organ dalam dan mengalirkan ke luar setelah pose itu selesai. Pose headstand, handstand, dan shoulderstand membantu membawa darah dari kaki dan panggul ke jantung dan dari situ dipompa ke paru-paru, sehingga mendapat oksigen segar. Yoga juga meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan.
  8. Membersihkan limfa
    Ketika berkontraksi dan meregangkan otot, menggerakkan organ-organ, Anda meningkatkan pembersihan limfa, cairan yang kaya akan sel kekebalan tubuh. Ini akan membantu sistem limfatik memerangi infeksi, merusak sel-sel kanker, membuang racun-racun dari produksi fungsi selular.
  9. Melindungi jantung
    jika melakukan yoga, Anda meningkatkan detak jantung. Walaupun yoga tidak meningkatkan detak jantung yang dapat memperbaiki fungsi kardiovaskular, penelitian menemukan bahwa latihan yoga menurunkan tingkat jantung istirahat, meningkatkan stamina, dan memperbaiki asupan oksigen maksimum .
  10. Menurunkan tekanan darah
    Ada baiknya Anda mencoba yoga jika menderita hipertensi. savasana dengan hanya berbaring di sofa. Setelah tiga bulan savasana disebut menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 26 poin dan 15 poin pada tekanan diastolik.
  11. Menjaga memori
    Yoga menurunkan kadar hormon kortisol. Normalnya kelenjar adrenalin mengeluarkan kortisol sebagai respon pada keadaan krisis akut yang kemudian secara temporer mendorong fungsi kekebalan. Jika kadar kortisol tetap tinggi setelah krisis berlalu, itu dapat menggerogoti kekebalan tubuh. Peningkatan kortisol temporer memang membantu memori jangka panjang. Namun, jika terus-menerus, kortisol tinggi mengganggu memori dan menyebabkan perubahan permanen pada otak. Kelebihan kortisol itu terkait dengan depresi, osteoporosis, tekanan darah tinggi, dan resistensi insulin.
  12. Mendatangkan kebahagiaan
    Penelitian membuktikan bahwa latihan yoga konsisten memperbaiki depresi, meningkatkan kadar serotonin, dan menurunkan kortisol. kortek prefrontal kiri terlihat meninggi pada orang yang bermeditasi. Penemuan itu mengorelasikan kadar kebahagiaan yang lebih tinggi dan fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik. Kadar lebih tinggi ditemukan pada pencinta yoga yang sudah bertahun-tahun berlatih.
  13. Menurunkan berat badan
    Jangan malas bergerak dan jangan rakus. Begitulah sebenarnya prinsip menjaga berat badan sehat. Yoga dapat membantu kita melakukan kedua prinsip itu. Latihan yoga membantu Anda bergerak dan membakar kalori. Sisi spiritual dan emosi yoga mendorong Anda untuk melihat masalah makan dan berat badan lebih dalam. Mungkin yoga akan memberi inspirasi Anda untuk menjadi orang yang lebih sadar saat makan.
  14. Menurunkan gula darah dan kolesterol jahat
    Yoga menurunkan gula darah dan kolesterol jahat, sekaligus menaikkan kolesterol baik. Pada diabetesi, yoga membantu mengontrol gula darah dengan menurunkan kortisol dan kadar hormon adrenalin, menurunkan berat badan, dan memperbaiki sensitivitas pada insulin.
  15. Meningkatkan kecerdasan
    Satu komponen penting yoga adalah fokus pada keadaan sekarang. latihan yoga teratur memperbaiki koordinasi, reaksi, memori, dan bahkan nilai IQ. Orang yang berlatih meditasi mampu memecahkan masalah, mengolah informasi lebih baik karena mampu berkonsentrasi, dan tak mudah terganggu masalah lain.

PASRAMAN MARKANDEYA YOGA

BALI YOGA SCHOOL

email: balineseyoga@yahoo.com

Hp: 087861187825

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s