TANTRA YOGA

TANTRA YOGA MERUPAKAN AJARAN YOGA TINGKAT KE 2 SETELAH HATHA YOGA DALAM YOGA SASTRA DWIPANTARA NUSANTARA.

13497903_528109150709363_5939229817599207266_o

 

APAKAH TANTRA YOGA?

Tantra YOGA adalah Pelatihan Yoga tingkat 2 dalam Yoga sastra, yang terkait dan terhubung dengan pengembangan cakra Swadhistana dan kenaikan Kundalini di level kesadaran ke 2. Kebanyakan kitab-kitab Tantra Yoga Nusantara masih dirahasiakan dan dan kebanyakan buku yang beredar, hanya berupa paparan dan masih mengandung teka-teki, kenapa ? karena Tantra Yoga, adalah ajaran penentu, dan hanya dapat di ajarkan peda orang yang memnag benar-benar sudah suci lahir dan bhatin, untuk menghindari resiko penyalah gunaan ajaran ini. Sedikit orang paham dengan ini, karena memang harus dipelajari dan diajarkan secara hati-hati.
Kata Sansekerta dari Tantra artinya “memperluas” (to expand). Ajaran Tantra ini diajarkan Oleh Adhi Yogi khusus pertama pada istriNya. Tantra adalah satu sistem dari praktek-praktek yang dipergunakan untuk meningkatkan spiritual dan membuka rahasia-rahasia Maya.

Bagian terbaik dari Tantra adalah pengetahuannya mengenai energi Kundalini yang luas yang belum dimanfaatkan di dalam tubuh manusia. TantraYoga  juga menyentuh mengenai ilmu kimia, astrologi, astronomi, palmistry (ilmu meramal melalui rajah tangan), cosmologi (ilmu tentang alam semesta, awal, perkembangan, dan akhirnya) dan bahkan teori atom.

Guru Yoga akan mengajarkan pada praktisi Yoganya, menyeimbangkan energy Surya Chandra dengan kekuatan energy Lintang. Yoga surya, Yoga Chandra dan Yoga Lintang. Untuk penyucian, penyeimbang energy bhatin praktisi. Setelahnya akan dilaksanakan Yoga Kanda Pat untuk memahami energy negative dan juga energy positive dalam diri, dan juga pelatihan pemurnian energy diri menjadi energy Tunggal. 10 vayu diri di lebur menjadi 5 energy, 5 Vayu di lebur menjadi 3 energy, 3 energy di lebur menjadi 2 energy, Rwa bhineda. Dan kedua energy ini terus di tunggalkan, sebagai jembatan menuju penyatuan Atman Brahman, Jiwa universal.

MENURUT TANTRA SARAF APA YANG PALING PENTING?

Menurut Tantra adalah tiga urat saraf yang peling penting, yaitu Sushumna, Ida dan Pinggala, mulai dari Muladhara Chakra, di dasar tulang belakang. Sushumna adalah yang paling penting dari semua saraf, atau Nadi, dan ia tidak kelihatan dan sangat halus. Ia bergerak melalui jaringan pusat dari tulang belakang dan bergerak jauh sampai titik paling atas dari kepala. Ida dan Pinggala bergerak paralel dengan Sushumna di sebelah kiri dan kanan dari saraf tulang belakang. Ida dan Pinggala bertemu dengan Sushumna di Ajna Chakra, titik yang terletak antara alis mata. Mereka berpisah lagi dan mengalir melalui sisi kiri dan hidung kanan.

APAKAH KEKUATAN KUNDALINI?

Menurut Tantra Yoga, ada kekuatan hebat yang sangat rahasia di dalam tubuh manusia yang disebut kekuatan Kundalini. (Tiga dari saraf yang paling penting dari tubuh manusia, Sushumna, Ida dan Pinggala, juga berawal dari titik yang sama). Menurut Tantra Yoga, karena kekuatan yang hebat ini tetap tidur (dormant) selama kehidupan seseorang, kebanyakan orang tidak menyadari keberadaannya. Dipercayai bahwa ketika seorang manusia mengembangkan spiritualitas dengan Yoga, kekuatan ini bangkit ke atas perlahan-lahan melalui saraf Sushumna. Bergeraknya ke atas secara perlahan dari kekuatan Kundalini ini dikenal sebagai kebangkitan dari Kundalini.

Kekuatan ini begerak ke atas secara perlahan-lahan dan mantap dan tidak melesat ke atas dalam satu garis lurus. Ketika melewati setiap pusat batin (psychic center), orang itu akan memiliki kendali penuh atas organ-organ indriyanya. Misalnya, bila ia mencapai Manipura Chakra di seberang pusar, orang itu akan mempunyai kendali penuh atas atas pandangan. Tidak ada Samadhi (persatuan dengan Tuhan) yang dapat dilakukan tanpa kebangkitan kekuatan ini. Dikatakan bahwa kekuatan Kundalini melewati keenam Chakra dan akhirnya bersatu dengan Sahasrara di atas (crown) dari kepala. Ketika ini terjadi orang tersebut telah mencapai kesadaran kosmis, bentuk tertinggi dari pengejawantahan (Tuhan).

Salah satu dari praktek Tantrik dikenal dengan nama Chakra Yoga, atau “Yoga melingkar” (circle Yoga).

MANFAAT TANTRA YOGA.

  1. Menghancurkan energy negative dalam diri.
  2. Memperbaiki energy hubungan social, antar mahluk.
  3. Karishma dan inner beauty meningkat.
  4. Disegani dalam pergaulan.
  5. Perlindungan dari gangguan nayata dan tidak nyata.
  6. Semua yang dipikirkan cepat terwujud.
  7. Energy perlindungan kepada keluarga dan anak.
  8. Cepat mendapat bantuan ketika ada kesusahan.

MARKANDEYA YOGA INDONESIA.

Guru Made Sumantra

Hp: 087861187825