KAPHOTASANA THERAPI

18813950_1836088370051854_7206884993117328249_n

Manipulasi Tulang Belakang.

Gerakan asana ini , dibangkitkan sekitar pelengkungan kebelakang dan kedepan dari tulang belakang. Pelenturan secara bergantian dari tulang belakang ini sangat berguna bagi tubuh yang jarang ditandingi oleh olah raga pisik lainnya. Rongga tulang belakangmerupakan jalan penuntun bagi susumana, nadhi pusat, yang dilewati energy sakti menuju ubun –ubun. Dengan lenturnya Tulang belakang bukan berguna untk kesehatan pisik semata tapi juga kesehatan spiritual kita.
Pengaruh Kaphotasana pada otot.

Setipa gerakan Markandeya Yoga , akan melatih seluruh otot tubuh kita, demi keselarasan, kekuatan dan ketenangan energy yang mengalir di dalam diri kita.

Kekuatan Otot.

Latihan asana , bukan untuk mengembangkan atau memperbesar otot-otot, gerakan ini hanya bertujuan untuk meregangkan, menyelaraskan dan meluruskan struktur otot rangka, secara perlahan-lahan memperkuat postur dan kesehatan yang lebih baik dan mengintregasikan fungsi total tubuh yang lebih baik melalui proses pelurusan kembali. Kita harus melihat otot kita saling selaras hubungannya dengan organ lainnya. Kekuatan otot bukan ditentukan oleh banyaknya tonjolan otot, tapi terletak pada usaha koordinasi dan keselarasan masing-masing serat dalam otot. Jika terjadi ketegangan yang keras , serat-serat otot tidak cukup panjang. Sehingga aliran energynya akan tidak optimal.

Keseimbangan .

Gravitasi menggunkan kekuatan pada smua objek. Setiap bagian dari unsure tubuh manusia, memiliki pusat gravitasi tubuh. Pusat gravitasi ini berubah terus-menerus sesuai posisi tubuh. Pada setiap posisi, baik tidur , duduk dan yang lain keseimbangan ini selalu ada. Keseeimbangan hanya dapat dipertahankan jika gravitasi dinetralkan. Ini terjadi melalui:
– Tekanan pada sambungan sendi yang satu dengan yang lainnya.
– Ketahanan jaringan pengikat.
– Yang menghidupi kontraksi otot-otot yang di koordonasikan oleh system syaraf motor sensorik.
Keseimbangan tubuh membaik jika wilayah yang menyentuh tanah bertambah , karena pusat gravitasi lebih rendah. Keseimbangan bukan statis ia membutuhkan penyesuaian berlanjut dalam kaitannya dengan fluktuasi postur, gerakan, siklus pernafasan dan tigkat kesadaran. Otak kecil bagian belakang memainkan peranan yang amat penting menjaga keseimbangan tubuh. Otak kecil akan terhubung dan menyatukan infut-infut dari otot dan saraf indera-indera.

Ketenangan.
Dengan gerakan lembut dan selaras dengan aliran nafas, akan memberikan ketenangan pada otot-otot dan seluruh syarap tubuh, dan sebagai akhirnya akan menenangkan hati dan pikiran, sebagai dasar untuk mencapai kesehatan secara menyeluruh.

Model by Ayukya SuNshine
MYI sertification yoga teacher
RYT PIYI.

Location
Pasraman Markandeya Yoga Ubud