YOGA THERAPY

MARKANDEYA YOGA THERAPY.

20160924_152246

PANCA MAYA KOSHA ILMU RAHASIA YOGA THERAPY.

 Berbicara dan mempraktekan Yoga therapy, sebenarnya sangat luas, menyangkut keseluruhan lapisan tubuh manusia. Tidak hanya sekedar teks book namun lebih pada pengalaman dalam penyembuhan, ilmu imperis. Yoga Therapy, bukan hanya penyembuhan pada badan saja, dengan manipulasi asana, atau bukan hanya penymebuhan di energy, dengan manipulasi, prana/ki/chi, serta nadhi-nadhi atau meridian, Namun seorang penyembuh Yoga harus paham juga, unsure mental, unsure Roh pelindung , dan kekuatan Jiwa si penderita. Ini sangat erat dengan pemahaman yang actual dan berpengalaman, dengan Panca Maya Kosha yaitu ilmu badan psisk, anamaya kosha, ilmu badan energy , Pranamaya kosha, ilmu pikiran, manomaya kosha, ilmu kekuatan alam roh pelindung astral, wyajyana maya kosha, dan vibrasi Karma sang Jiwa, Ananda maya Kosha. Sangat luas yang harus kita pelajari jika ingin menguasai Yoga Therapi sesungguhnya.
Di dalam Kitab Yoga Sastra disebutkan bahwa eksistensi atau keberadaan kita sebagai manusia sesungguhnya ada dalam berbagai lapisan badan, yang merupakan wahana bagi sang roh di dalam menggeluti siklus reinkarnasi. “Brahmande api asti yat kincit tat pinde asti sarvatho” apa yang ada di dalam semesta (Bhuwana agung) juga ada dalam diri kita (Bhuwana alit).

Bisa dipahami bahwa sesungguhnya diri kita sebagai manusia ini sangat kompleks, tidak sesederhana apa yang hanya bisa dilihat oleh mata biasa. Karena avidya (ketidak Tahuan) seringkali kita mengidentikkan diri kita sebagai “Aku” atau seorang manusia. Mengidentikkan diri kita sebagai sebagai pikiran dan perasaan. Serta mengidentikkan diri sebagai sebagai badan fisik ini. Padahal sesungguhnya tidak sesempit dan sedangkal itu. Keseluruhan Alam semesta ini adalah Purusha dan Prakerti.

Dalam konteks manusia (Bhuwana alit) Prakerti adalah lapisan-lapisan badan yang membungkus kesadaran murni Purusha atau Roh Dimana perpaduan keduanya membentuk dua jenis wahana atau badan, yaitu badan fisik dan badan pikiran. Badan fisik mudah kita ketahui. Tapi badan-badan pikiran kita berada pada alam yang lebih halus, tidak bisa kita lihat dan rasakan dengan indriya badan fisik kita, sehingga kita tidak memperhatikannya. Sebagaimana termuat dalam Taittriya Upanishad dan buku-buku sYoga sastra lainnya Roh kesadaran murni dibungkus oleh lima lapisan badan yang terbentuk dari lima jenis energi-materi dan energi-kesadaran, yang disebut dengan Panca Maya Kosha. Lima lapisan badan ini sebagai wahana Roh dalam siklus Reinkarnasi, yaitu:

  1. Annamaya Kosha – Lapisan badan yang tersusun dari energi sari-sari makanan. Terdiri dari dua sub lapisan yaitu sthula sarira dan linga sarira.
  2. Pranamaya Kosha – Lapisan badan yang tersusun dari energi prana, yaitu samudera besar energi pembentuk kehidupan yang ada di semua penjuru alam Semesta. Lapisan ini terkait jejaring energy prana, terdapat hal dasar yg perlu dijelaskan terlebih dahulu yg terdiri dari: Nadi, Cakra, Granthi dan Kundalini.
  3. Manomaya Kosha – Lapisan badan yang tersusun dari energi pikiran biasa. Terdiri dari dua sub lapisan, yaitu “Sukhma Sarira dan Karana Sarira”.
  4. Vijnanamaya Kosha – Lapisan badan yang tersusun dari energi pikiran yang halus dan sadar. Berupa roh-roh pelindung dan penganggu hidup kita.
  5. Anandamaya Kosha – lapisan badan yang tersusun dari energi alam semesta yang transenden, yang sudah dalam kesadaran murni tanpa ikatan. Tubuh Jiwa universal.

Menurut Pengalaman Guru Made Sumantra dalam penyembuhan, Yoga Therapy sebenarnya adalah penyembuhan oleh diri, dari diri dan untuk diri, yang mana untuk memapu melakukan ini harus paham tentang keilmuan Panca Maya Kosha.

Secara mendasar, badan yang lebih kecil energynya akan bisa disembuhkan oleh badan yang lebih besar energynya. Paling tidak seimbang antara yang disembuhkan dengan yang menyembuhkan.

Anamaya kosha, bisa disembuhkan dengan manipulasi anamaya kosha dan Pranayamaya kosha.  Penyakit pada pranayama Kosha, bisa di sembuhkan dengan manipulasi Pranamaya kosha dan Manomaya Kosha, tidak bisa disembuhkan oleh Anamaya ksoha sendiri. Penyakit di  Manomaya Kosha bisa disembuhkan dengan manipulasi Manomaya kosha dan Wyadjana maya kosha. Tidak bisa disembuhkan oleh Oleh Anamaya kosha dan pranamaya kosha. Penyakit di Wyadjana Maya kosha, bisa disembuhkan dengan manipulasi Wyadjana Maya kosha dan ananda maya kosha, tidak bisa disembuhkan oleh Anamaya kosha, pranamaya kosha dan manomaya kosha. Penyakit yang muncul di ananda Maya Kosha, hanya bisa disembuhkan oleh energy di Ananda maya kosha dan Kekuatan Ilahi( spisritual healing).

Jadi sangat banyak yang harus terus kita gali, jika ingin menjalankan karma sebagai Yoga Therapist. Supaya sesuai sasaran yang tepat.

Pengetahuan penyembuhan penting, namun lebih penting menguasai cara menyembuhkan. Etika Ypga therapist perlu mendapat penekanan sereus, selain ilmu dan pengalamannya.

MARKANDEYA YOGA INDONESIA.

Guru Made Sumantra

Hp: 087861187825.